Minggu, 29 November 2009

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA (Studi Pada Perusahaan Meubel di Kotamadya Banjarmasin)

Author : Norani Aulia Basri
Publisher:WAWASAN Vol.14 No.1 April 2006
Abstract:
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan meubel di 5 Kecamatan Kotamadya Banjarmasin yaitu Banjarmasin Utara, Banjarmasin Selatan, Banjarmasin Barat, Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Kota/Tengah. Responden yang dipilih dalam penelitian ini adalah tenaga kerja produksi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 192 responden. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah faktor sarana kerja, pendidikan, faktor umur, faktor pengalaman, dan kondisi/lingkungan kerja apakah mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pada perusahaan meubel di Kotamadya Banjarmasin. Serta mengidentifikasi faktor-faktor mana saja diantara faktor-faktor tersebut di atas yang paling dominan dalam mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pada perusahaan meubel di Kotamadya Banjarmasin.

Dari hasil perhitungan statistik dengan menggunakan program SPSS diperoleh rata-rata produktivitas tenaga kerja pada perusahaan meubel di Kotamadya Banjarmasin (dengan jumlah data 176) sebesar 2,90 (290%) dengan standar deviasi 0,70. Berarti produktivitas tenaga kerja pada sektor industri meubel di Kotamadya Banjarmasin cukup tinggi.


Dari hasil uji ANOVA atau F test, didapat F hitung sebesar 125,626 dengan tingkat signifikansi 0,000a. Oleh karena probabilitas (0,000a) jauh lebih kecil dari 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi produktivitas kerja. Atau dapat dikatakan, sarana kerja, pendidikan, umur, pengalaman, kondisi/lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap produktivitas kerja. Dari hasil uji ANOVA tersebut diperoleh F hitung sebesar 125,626 dengan probabilitas lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000a. Maka hipotesis Ho ditolak. Penjelasan tersebut sangat beralasan, jika F hitung lebih besar dari F tabel maka mempunyai hubungan yang signifikan atau faktor variabel produktivitas kerja dipengaruhi faktor variabel sarana kerja, pendidikan, umur, pengalaman dan kondisi/lingkungan kerja (F hitung 125,626 > F tabel 2,270).

Dari hasil uji t test, di dapat t hitung sebesar : Sarana Kerja (t = 5,380,
p << 0,05), Pendidikan (t = 5,969, p << 0,05), Umur (t = 4,170, p << 0,05), Pengalaman (t = 7,662, p << 0,05), dan kondisi/lingkungan kerja (t = 3,497,
p << 0,05). Dari variabel independen tersebut bahwa faktor yang pengaruhnya sangat dominan terhadap produktivitas kerja adalah faktor pengalaman kerja.

Keywords : produktivitas, sarana kerja, pendidikan, umur, pengalaman, kondisi/lingkungan kerja.

1 komentar:

Tinggalkan komentar, saran, atau kritik Anda. Mohon tetap mengindahkan etika, tidak menyinggung SARA, Pornografi, serta SPAM. Apa yang ditulis oleh pengunjung sepenuhnya tanggung jawab pengunjung yang bersangkutan.Terima kasih.