Minggu, 10 Januari 2010

BIMBINGAN TEKNIS DAN PELATIHAN LAPANGAN PENJUALAN DAN DISTRIBUSI CONSUMER’S GOODS BAGI MAHASISWA DI BANJARMASIN

 Oleh: Rofiqah Wahdah, S.E., M.Si. (STIE INDONESIA BANJARMASIN)


Abstrak: Kegiatan bimbingan teknis dan pelatihan ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami teknik-teknik pemasaran dalam memasarkan produk yang dijual dan mampu memadukan teori perkuliahan dengan materi pelatihan dalam bentuk kegiatan penjualan. Kegiatan ini berbentuk pelatihan langsung di lapangan dan Bimbingan teknis meliputi tehnis penjualan juga praktek membuat laporan harian, mingguan, dan pencatatan rutin tentang aktivitas rutin penjualan dan laporan keuangan harian.Target peserta dalam pelaksanaan pelatihan ini diutamakan mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang ada di Banjarmasin yang berminat di bidang pemasaran, tanpa membedakan minat atau program studi yang sedang ditempuh. Model Pelaksanaan kegiatan meliputi In class (Pembekalan) Mahasiswa diperlakukan seperti karyawan baru yang mau bekerja, diberi materi tehnis operasional distribution sales selama 1 (satu) hari penuh, dan praktek langsung di lapangan. Hasil kegiatan ini merupakan pilot-project pelatihan lapangan (field training), yaitu pelatihan yang mendidik mahasiswa menjadi salesman melalui pelatihan langsung di lapangan dengan metode: pembekalan, terjun langsung sebagai TO, kanvas, task force, analisis kasus melalui coaching, kembali ke lapang dan dalam proses tersebut terakhir kali dilakukan evaluasi untuk sertifikasi. Pihak prinsipal memperlakukan para mahasiswa praktek kerja ini sebagai karyawan baru, dengan konsekuensi perlakuan sebagai karyawan magang beserta berbagai atributnya.

Kata-kata kunci: Penjualan, distribusi consumer’s goods


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar, saran, atau kritik Anda. Mohon tetap mengindahkan etika, tidak menyinggung SARA, Pornografi, serta SPAM. Apa yang ditulis oleh pengunjung sepenuhnya tanggung jawab pengunjung yang bersangkutan.Terima kasih.