Senin, 11 Januari 2010

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perusahaan Real Estate Dan Property Go Public Pada Bursa Efek Jakarta Tahun 2006




Oleh: Lindawati Tjandera dan Sri Ernawati SE. M.Si. (STIE INDONESIA BANJARMASIN)

Abstraksi:

Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh variabel, inventory turnover, receivable turnover, total assets turnover, working capital turnover, net profit margin, dan debt equity ratio terhadap tingkat return on investment perusahaan real estate dan property go-public pada Bursa Efek Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang masuk dalam jenis perusahaan real estate dan property berjumlah 36 perusahaan. Karena populasinya sedikit maka sampel diambil dari seluruh populasi.Data penelitian yang akan digunakan adalah data skunder berupa laporan keuangan yaitu Neraca dan laporan Rugi/Laba perusahaan real estate dan property go-public yang terdaftar pada Bursa Efek Jakarta tahun 2000, 2001, 2002, 2003 dan 2004. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, yaitu pengumpulan data dengan cara mencatat laporan keuangan perusahaan real estate dan property go-public pada Bursa Efek Jakarta yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan dalam penyusunan skripsi.
 
Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan variabel Working Capital Turn Over (WCT), Receivable Turnover (RTO), Debt Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM), Inventory Turnover (ITO),Total Asset Turnover (TATO) mempengaruhi Return On Investment (ROI) perusahaan Real Estate dan Property pada Bursa Efek Jakarta. Keenam variabel bebas tersebut mampu menjelaskan perubahan terhadap Return On Investment (ROI) perusahaan Real Estate dan Property pada Bursa Efek Jakarta sebesar 43,8 % sedangkan sisanya sebesar 56,2 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan secara parsial menunjukkan dari keenam varibel independen yang diindikasikan berpengaruh terhadap ROI adalah hanya tiga variabel independen yaitu Debt Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM) dan Total Assets Turnover (TATO) berpengaruh atau dengan kata lain hipotesis kedua yang diterima. Sedangkan variabel Working Capital Turn Over (WCT), Receivable Turnover (RTO), Inventory Turnover (ITO) tidak berpengaruh terhadap Return On Investment (ROI) perusahaan Real Estate dan Property pada Bursa Efek Jakarta. Total Assets Turnover (TATO) merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap Return On Investment (ROI) perusahaan Real Estate dan Property pada Bursa Efek Jakarta.

Kata Kunci: Working Capital Turnover (WCT), Receivable Turnover (RTO), Debt Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM), Inventory Turnover (ITO),Total Asset Turnover (TATO) mempengaruhi Return On Investment (ROI),Kinerja Keuangan, Perusahaan Real Estate Dan Property, Bursa Efek Jakarta.

2 komentar:

  1. Sangat membantu saya dalam menentukan judul penelitian saya. Terima kasih banyak.....

    BalasHapus

Tinggalkan komentar, saran, atau kritik Anda. Mohon tetap mengindahkan etika, tidak menyinggung SARA, Pornografi, serta SPAM. Apa yang ditulis oleh pengunjung sepenuhnya tanggung jawab pengunjung yang bersangkutan.Terima kasih.