Selasa, 12 Januari 2010

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERAPAN AKUNTANSI KEUANGAN SEKTOR PUBLIK PADA PEMERINTAH KOTA BANJARBARU

Budi Artinah (STIE INDONESIA BANJARMASIN)


Abstrak
Faktor regulasi, sumber daya manusia, budaya, anggaran, dan sikap pemerintah/ aparat merupakan factor yang dapat mempengaruhi penerapan akuntansi keuangan sektor publik. Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh faktor regulasi, sumber daya manusia, budaya/ etika, anggaran, dan sikap pemerintah terhadap penerapan akuntansi keuangan sektor publik. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah regulasi, sumber daya manusia, budaya/ etika, anggaran sebagai variabel independent dan variabel penerapan akuntansi keuangan sektor publik adalah sebagai variabel dependent.

Hasil regresi menunjukkan bahwa variabel regulasi, sumber daya manusia, budaya anggaran, dan sikap aparat secara simultan/ serentak berpengaruh terhadap penerapan akuntansi keuangan sektor publik. Kelima variabel bebas tersebut menerangkan perubahan terhadap penerapan akuntansi keuangan sektor publik sebesar 69,9% sedangkan sisanya 30,1% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Tingkat kepercayaan yang diambil dalam penelitian ini sebesar 95% atau tingkat kesalahan (α) sebesar 5%. Secara parsial hanya variabel sikap pemerintah yang berpengaruh terhadap penerapan akuntansi keuangan sektor publik. Sedangkan variabel regulasi, sumber daya manusia, budaya, dan anggaran tidak berpengaruh terhadap penerapan akuntansi keuangan sektor publik.


Kata Kunci : Faktor- faktor, dan Penerapan Akuntansi Keuangan Sektor Publik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar, saran, atau kritik Anda. Mohon tetap mengindahkan etika, tidak menyinggung SARA, Pornografi, serta SPAM. Apa yang ditulis oleh pengunjung sepenuhnya tanggung jawab pengunjung yang bersangkutan.Terima kasih.