Senin, 27 Desember 2010

Resolusi Akhir Tahun - Menjelang Tahun Baru 2011


Tahun Baru 2011 sudah dihadapan kita, dan kita semua senang. Saat-saat seperti ini (menjelang pergantian tahun) merupakan momentum tepat untuk melihat kembali ke tahun 2010, tentang apa yang sudah dan belum kita lakukan, terutama berkaitan dengan harapan untuk menjadi semakin baik, semakin sukses, dan semakin bahagia. Masalah-masalah keluarga, karier, dan kehidupan sosial senantiasa mengisi lembaran-lembaran harian kita, dengan banyak warna. Dibanding dengan tahun 2009 yang lalu, sudah banyak perubahan bukan? Dan, saya yakin perubahan itu bernilai positip.
Apapun yang sudah terjadi di tahun 2010, mari kita mengambil hikmahnya, sisi yang menjadi pelajaran berharga buat kita untuk kita ulang kebaikannya saja di tahun depan! Apapun yang sudah terjadi, ini yang dinamakan takdir, telah menjadi bagian sejarah hidup kita, sepahit apapun kejadian masa lalu itu kita tidak bisa mengubahnya lagi. Juga sebagai bagian dari sejarah ia tidak bisa dan tidak mungkin dilupakan. Yang bisa kita lakukan adalah: bersyukur kepada Tuhan YME, Anda telah melewati masa-masa itu, dan masih diberi Nya kesempatan untuk melewati hari-hari berikutnya. Semogalah, di hari-hari yang tersisa dari keberadaan kita di dunia ini, menjadi hari-hari terbaik sepanjang hidup kita, yang akan kita bawa menghadap Nya kelak.

Lalu, yang perlu kita lakukan sekarang ini adalah mempersiapkan diri dengan cara yang lebih baik dan lebih maju dari kemarin. Cara di masalalu yang membawa keberhasilan, mari kita ulang lagi, sedangkan cara yang membawa kegagalan, ambil makna pelajarannya.
Untuk sekedar menginspirasi bagi Anda dalam rangka melakukan resolusi akhir tahun menuju tahun 2011, berikut beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan:

1. Bersyukur Atas Apa yang Ada

Anda harus percaya bahwa rasa syukur memiliki kekuatan dahsyat untuk mendorong syaraf-syaraf otot Anda menyesuaikan dengan berbagai kondisi. Orang yang bersyukur akan senantiasa fleksibel dan memiliki mental berlimpah. Fleksibilitas adalah sikap mental yang diperlukan di dunia yang penuh persaingan dan tantangan berat, karena dengan fleksibilitas kita banyak memiliki pilihan-pilihan, dan karenanya banyak peluang alternatif.

2. Tuliskan Tujuan Yang Ingin Anda Capai di Tahun 2011 ini

Tujuan adalah OUTCOME yang ingin diperoleh atau dicapai di masa depan, yang dinyatakan sekarang, dan benar-benar berasal dari sebuah pernyataan hasrat yang kuat (desire state). Nyatakan tujuan Anda dengan jelas dan spesifik (Wellformed Outcome) dan tulis dengan jelas di atas kertas. Misal: “Saya Menikah Tahun 2011 ini”. Tuliskan tujuan tersebut dalam kalimat positif dan bentuk kalimat present tense, maksudnya hindari menggunakan kata preposisi ‘akan’ atau ‘ingin’. Tujuan Anda harus menjadi sesuatu yang benar-benar ingin Anda mengubah atau mencapainya, dan sesuatu yang memiliki makna mendalam bagi Anda. Ini bukan tentang apa yang orang atau masyarakat atau keluarga Anda inginkan untuk Anda.
Kenapa harus ditulis? Banyak penelitian menunjukkan bahwa 75% dari apa yang kita tuliskan menjadi kenyataan. Menempatkan tujuan Anda di atas kertas membuat Anda membacanya berkali-kali (asal kertasnya tidak dibuang) dan membuka alam bawah sadar untuk menerima kalimat sugestif ini. Alam bawah sadar akan mengirim sinyal-sinyal ‘neuro’ ke seluruh jaringannya untuk menyatakan bahwa Anda adalah orang yang "telah siap menikah" dan juga mengirim pesan yang kuat dan positif ke alam semesta (ingat hukum: the universal law of attaction), menyatakan bahwa Anda, memang, "siap!". Dan alam semesta akan menerima vibrasi yang disebarkan alam bawah sadar tadi dan akan meresponnya.

3. Buat Rencana Tindak

Dalam rangka mewujudkan tujuan, Anda perlu membuat serangkaian langkah-langkah yang jelas dan sederhana yang dapat dimasukkan ke dalam tindakan. Ya, tindakan (action) akan melatih otot Anda untuk menerima dan mencapai tujuan.

4. Aturlah Pikiran Anda

Sadarkah Anda, bahwa segala sesuatu itu dimulai dan berakhir dalam pikiran ? Steven R. Covey bilang:”semailah gagasan (pikiran), tuailah tindakan, semailah tindakan, tuailah kebiasaan, tebarlah kebiasaan, tuailah karakter, tebarlah karakter, tuailah takdir”. Jika kita menebar pikiran negatip, maka akan menuai nasib negatip. Sebaliknya, jika menebar pikiran positip, maka tuailah nasib positip. Aturlah pikiran Anda, hanya yang berorientasi positip! Positive Thinking is Powerful!

5. Membayangkan (Visualisasikan)

Inilah maksudnya, mengapa tujuan (outcome) itu harus jelas dan spesifik. Dengan tujuan yang jelas dan spesifik, kita akan lebih mudah memvisualkannya. Otak kanan kita tidak bisa membedakan apakah sesuatu itu nyata ataukah hanya khayalan, dengan memvisualkannya, otak Anda menyusun "praktik" tindakan Anda. Misalnya seperti contoh di atas, tujuan Anda “Saya menikah tahun 2011”, maka visualkanlah bagaimana Anda melangkah bak raja dan ratu menuju pelaminan, bagaimana Anda bersanding sebagai pasangan pengantin agung, menerima ucapan selamat, menebar senyum, dan....bayangkan bagaimana malam pertama Anda yang indah. Perbedaan antara tujuan dan mimpi adalah batas waktu! Jika ini adalah tentang bisnis, maka visualkanlah bagaimana wujud bisnis yang Anda impikan.

6. Buat Papan Visi

Cari kutipan yang menginspirasi dan memotivasi, baik gambar atau apapun yang mengingatkan Anda tentang tujuan Anda. Letakkan di mana Anda dapat melihatnya!

7. Ambil Risiko

Resolusi ini bukan hanya tentang 'memperbaiki' sesuatu atau mendapatkan sesuatu, tetapi juga tentang peregangan sedikit di luar zona kenyamanan Anda. Go for it! Anda harus berani mengambil keputusan, dan setiap keputusan ada risiko salah. Sadari itu, bahwa segala sesuatunya tidak ada yang terlalu sempurna. Yang penting adalah perhitungkan risiko itu, agar tidak mengambil kesalahan yang fatal! Hidup ini adalah pilihan, dan ketika pilihan-pilihan terbentang di depan mata Anda, pilih salah satunya. Jangan biarkan pilihan itu lewat, karena ketika itu terjadi, baru Anda sadar telah melewatkan peluang besar. Jika itu terjadi, menyesalpun tidak ada gunanya.

8. Belajar Dari Kegagalan

Jika pada awalnya Anda tidak berhasil, coba lagi! Menilai kembali situasi, lakukan tweaking, dan belajarlah dari itu. Ingatlah tidak ada keberhasilan yang sempurna tanpa belajar dari kegagalan.

9. Dapatkan Beberapa Inspirasi Harian

Belajarlah dari apapun yang Anda hadapi. Anda dapat mengetahui sesuatu apa, mengapa, dan bagaimana terjadinya. Ini akan memberdayakan Anda. Seringlah berkunjung ke website ini, pelajari semuanya, gratis! :D

10. Kendalikan Yang Anda Hadapi

Dalam setiap keputusan maupun tindakan, Anda akan menemukan orang-orang yang akan mendukung Anda, tetapi sebaliknya Anda juga akan menemukan orang-orang yang negatif dan kemungkinan untuk menghentikan Anda dari bergerak maju. Tersenyumlah dan tetaplah melangkah. Karena Anda tidak memerlukan dukungan 100% orang-orang di sekitar Anda.

11. Berpikir dan bertindaklah seperti orang yang Anda inginkan.

Apapun yang Anda inginkan, berpikir dan bertindaklah sebagaimana sosok pribadi yang Anda inginkan tadi, mulai saat ini. Ini akan melatih otot dan saraf Anda untuk siap menerima keberhasilan Anda. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan berada di sana!

12.Bersabar

Banyak orang menginginkan hasil yang langsung, padahal perubahan membutuhkan waktu. Akhirnya mereka hanya menerima kekecewaan, kurang motivasi, dan menjadi ragu. Ingatlah setiap tahap itu adalah perjalanan yang penting, semuanya ada proses. Bersabar adalah satu-satunya cara melalui proses itu tanpa kehilangan antusiasme.

Sumber: http://caraku-caramu-carakita.com/2010/12/25/cara-membuat-resolusi-akhir-tahun/

2 komentar:

Tinggalkan komentar, saran, atau kritik Anda. Mohon tetap mengindahkan etika, tidak menyinggung SARA, Pornografi, serta SPAM. Apa yang ditulis oleh pengunjung sepenuhnya tanggung jawab pengunjung yang bersangkutan.Terima kasih.